Favorite TV Show

JELAJAH: Upacara Ungkal Biang

TRANS TV - JELAJAH: Upacara Ungkal Biang | Konon, uapacara Ungkal Biang sudah ada sejak jaman kerajaan Pajajaran (923 – 1579). Pada saat itu Sri Baduga Maharaja (1482-1521) memimpin dan menancapkan ungkal biang disamping prasasti Batu Tulis , Bogor sebagai penanda masa kepemimpinannya. Prosesi dalam pacara Ungak Binang memang unik penuh nilai budaya. Seekor ayam jantan putih diletakkan terlebih dahulu di atas batu besar setinggi kira-kira 1 meter sebelum akhirnya ayam tersebut di angkat kembali. Kemudian batu tersebut diangkat beramai-ramai hingga dapat berdiri tegak ditempat yang telah ditentukan.

Selama prosesi pemancangan batu tersebut asap dari kemenyan yang dibakar menyebar mengeluarkan aromanya yang khas. Setelah batu dianggap telah berdiri dengan kokoh, kembali ayam jantai putih diletakkan di atas batu tersebut beberapa saat dan selanjutnya dilepas kembali dengan cara diterbangkan. Lalu Prosesi dilanjutkan dengan menyiramkan air doa becampur kembang di atas batu. Air doa bercampur kembang bukan hanya disiramkan ke atas batu tetapi juga di cipratkan ke para tamu yang berada di sekeliling batu. Acara kemudian ditutup dengan doa dan makan nasi tumpeng bersama termasuk para tamu yang hadir pada acara tersebut.
------

Banyak program favorit pemirsa Trans TV yang selalu ditonton dari masa ke masa. dari komedi hingga informasi. Lovepedia, John Pantau atau Jelajah adalah beberapa di antaranya. Dikemas dengan gaya ringan serta infoematif, program-program favorit TransTV kini bisa dilihat kembali dengan menyaksikan di website TRANS TV atau bisa nonton tv online melalui live streaming TV.

Seluruh tayangan TransTV selain bisa dinikmati di rumah, anda juga bisa mengaksesnya melalui live streaming tv di http://www.transtv.co.id/live

Bagi anda yang ingin menyaksikan kembali program favorit TransTV dimana saja dan kapan saja klik link ini http://www.transtv.co.id/program/genre

Follow semua akun media sosial Trans TV dan subscribe Youtube channel TRANS TV Official.
MORE

COMMENTS