TRANSMEDIA SEBAGAI LICENCED BROADCASTER PIALA DUNIA 2018

27/07/2018


Russia akan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan Piala Dunia ke-21 yang diikuti oleh 32 negara. Turnamen berkelas internasional ini akan menjadi ajang perebutan status sebagai tim sepak bola terbaik dunia yang sebelumnya diraih oleh Jerman pada tahun 2014. Pertandingan perdana Piala Dunia 2018 antara Russia dan Saudi Arabia akan dilaksanakan pada 14 Juni 2018 di Stadion Luzhniki, Moscow, Russia.



Terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2 Desember 2010, Russia telah mempersiapkan 12 stadion untuk 64 pertandingan yang tersebar di 11 kota di Russia yaitu Moscow, Saint Petersburg, Sochi, Ekaterinburg, Kazan, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Samara, Saransk, Volgograd, dan Kaliningrad. Berbeda dengan Piala Dunia ditahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini jam tayang Piala Dunia memiliki jam tayang yang ramah dengan masyarakat Indonesia yang dimulai pada pukul 5 sore hingga pukul 2 pagi dimana 58% pertandingan memiliki jam kick off sebelum pukul 11 malam. Dengan begitu diharapkan masyarakat Indonesia dapat menjadi salah satu penonton bola terbesar di dunia.



Dari 32 negara yang lolos ke Piala Dunia 2018, 20 negara diantaranya ikut berkompetisi di Piala Dunia 2014, sedangkan Islandia dan Panama lolos untuk pertama kali menjadi peserta di turnamen sepak bola berskala internasional ini. Berbeda dengan Islandia dan Panama, tim unggulan seperti Italia dan Belanda yang telah beberapa kali memenangkan Piala Dunia tidak lolos dalam babak penyisihan tahun ini.



Seekor serigala bernama Zabivaka yang dalam bahasa Russia memiliki arti Sang Pencetak Gol menjadi maskot Piala Dunia kali ini. Serigala antropomorfik bewarna coklat ini merupakan hasil karya seorang pelajar bernama Ekaterina Bocharova yang dipilih melalui pemungutan suara di official website FIFA. Zabivaka menang dengan perolehan suara sebesar 53% dan telah mengalahkan beberapa maskot lainnya yang menggambarkan seekor harimau dan kucing.



Memperoleh kesempatan sebagai licensed broadcaster television and satellite FIFA World Cup 2018, TRANSMEDIA telah mempersiapkan beragam kegiatan off air untuk menyambut turnamen sepakbola terbesar didunia.



“Setelah sebelumnya menjadi broadcaster La Liga Spanyol, Copa Del Rey dan FA Cup ditahun 2012-2013 lalu, tahun ini TRANS TV mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk menjadi licensed broadcaster FIFA World Cup. Sedikit berbeda dengan pertandingan liga yang diadakan setiap satu tahun sekali, euphoria masyarakat menyambut piala dunia pasti lebih tinggi dikarenakan pelaksanaanya setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh negara-negara yang telah lulus seleksi ketat” ucap A.Hadiansyah Lubis selaku Ketua Divisi Public Relations TRANS TV.



Mengawali kegiatan Road to World Cup 2018, TRANSMEDIA akan mengadakan lomba Kampung Demen Bola dimana masyarakat dapat menghias kampung atau wilayah rumah dengan beragam hiasan bernuansa bola. Berbeda dengan perlombaan serupa, setiap kampung diwajibkan untuk menggambar graffiti atau mural untuk manambah keunikan design kampung bola. Kegiatan ini akan mulai dilaksanakan di bulan April hingga Juni dan diadakan untuk masyarakat diseluruh Indonesia.



A.Hadiansyah Lubis menambahkan bahwa, “Perdana sebagai licensed broadcaster, TRANSMEDIA ingin membangun euphoria Piala Dunia dengan melaksanakan beragam lomba dan nobar di 360 titik di seluruh Indonesia yang bersinergi dengan perusahaan-perusahaan dibawah naungan CT Corp seperti TRANSMART, Coffee Bean, Wendy’s, Kid City, TRANS Studio, TSM, Ibis Hotel, Fashion Hotel dan TRANS Hotel. Nantinya akan ada puncak nobar di Lapangan Sunburst BSD yang ditargetkan menarik 1 juta penonton”. ij


OTHER RELEASE